Ansorjateng.net, Kendal – Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Kendal mengirimkan 9 personel Banser Tanggap Bencana (Bagana) untuk bergabung dengan Tim SAR Nasional dalam proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Kamis (9/12/2021).

Kepala Satkorcab (Kasatkorcab) Banser Kendal, Alex Nur Abyadl, pengiriman sembilan personel tersebut merupakan bagian dari misi kemanusiaan. Untuk itu, pihaknya mengirimkan personel terbaik dan memiliki kapasitas dan kapabilitas.

“9 personel yang berangkat adalah mereka yang mempunyai skill, kualifikasi, dan kemampuan dalam hal kebencanaan untuk berangkat di lokasi bencana. Jika hanya asal memberangkatkan malah merepotkan dan menjadi beban di sana,” ucap Alex.

Para personel yang berangkat itu dipimpin oleh Wakil Kepala Satuan Khusus (wa Kasatsus) Bagana, Athasius Asdyanto. Tercatat dia tergabung tim relawan yang ikut terjun menangani bencana di Palu.

“Bagana Kendal juga sudah berkoordinasi dengan Satkorwil Jawa Tengah serta sudah mendapatkan surat tugas dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Nomor : KET-087/OPS.02.04/XIVSAR SMG-2021, jadi ini adalah tim rescue resmi dengan keahlian khusus yang siap bergabung membantu di sana,” ucap Kasatsus Bagana Kendal Primadiyanto.

Tim rescue ini adalah tim pertama yang berangkat dari Bagana Kendal, nantinya akan diberangkatkan lagi secara bertahap. Untuk tim pertama ini akan berada di sana dari tanggal 10 hingga 17 Desember 2021. Namun masih diperlukan, maka masa tugas di sana akan diperpanjang.

Dia menitip pesan agar personel tim tanggap darurat tetap memerhatikan keselamatan dalam bertugas. Dia juga berpesan agar kesembilan personel ini menjaga nama baik kesatuan Bagana Kendal.

“Saya sudah berpesan agar kawan-kawan fokus ke operasi penyelamatan, keselamatan jiwa personel yang paling utama dan menjadi tanggung jawab pimpinan,” katanya.

Adapun 9 personel tim Rescue Bagana Kendal yang berangkat :
1. Athasius Asdyanto sebagai koordinator2. Rusmadi3. Muhriyanto4. Hadi Kuswadi5. Sugeng Widodo6. Suwanto7. Benny Prajoko Widodo8. Athoillah Alfarid9. Nur Subhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini