Banjarbaru – Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar Konferensi Besar (Konbes) ke-25 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Konbes yang mengusung tema “Konsolidasi Organisasi Menuju Konsolidasi Kader” digelar dengan protokol kesehatan ketat ini diadakan mulai hari ini hingga 1 April mendatang.

Konbes ke-25 GP Ansor dibuka Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor sekaligus Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang ditandai dengan pemukulan rebana.

Dalam arahannya di hadapan Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor se Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas menekankan bahwa Konbes ke-25 GP Ansor ini adalah sebuah kesempatan untuk melakukan review atas semua hal terkait organisasi dan relevansinya dengan keadaan zaman.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini juga memberikan perhatian khusus terkait kaderisasi sehingga ia mendorong segera dilakukan kongres. Kongres sendiri tertunda akibat pandemi yang telah berlangsung dua tahun lebih di mana mengakibatkan banyak konfercab dan konferwil.

“Masalah struktural harus segera dibicarakan dan didiskusikan kembali karena masa pandemi sudah mulai terkendali. Saya mendorong dalam Konbes ini dibahas rencana Kongres GP Ansor,” ujar Gus Yaqut, Rabu (30/3/2022).

Ditambahkan Gus Yaqut, Kongres GP Ansor harus bisa menjawab tantangan kebhinekaan yang saat ini semakin sering besar, di mana masih ada kelompok yang mempertanyakan konsensus kebangsaan sudah final.

“Kongres GP Ansor harus bisa menjawab tantangan tersebut, bukan sekadar acara pemilihan pemimpin saja. Saya minta peserta Konbes, para kader untuk terus berkhidmat bagi negeri walau apa pun yang terjadi,” ujar Gus Yaqut

Untuk menatap tantangan tersebut, Gus Yaqut meminta kepada segenap kader Ansor untuk tidak memberi peluang sedikit pun kepada mereka yang ingin mengganggu barisan Ansor dan Banser yang sudah berjalan bagus selama ini.

“Jangan sisakan peluang buat siapa saja yang tidak tahu organisasi ini tapi ingin merusaknya. Tolong sahabat-sahabat pertahankan. Kalau kita bersama-sama sebesar apa pun badai kita tetap tegak berdiri. Semakin kita mampu menghadapi badai semakin kuat akar kita menghujam bumi” pesan Gus Yaqut.

Tampak hadir di pembukaan Konbes ke-25 GP Ansor Rais Syuriah PWNU Kalsel KH Muhammad Ramli, Ketua PWNU Kalsel, Kanwil Kemenag Kalsel, Rektor UIN Kalsel, Pengurus Pimpinan Wilayah GP Ansor se-Indonesia, Pengurus Harian PP GP Ansor, Forkompimda Kalimantan Selatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini