Ansorjateng.net, Demak – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Mranggen menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) selama tiga hari sejak Sabtu sampai Senin (14-16/5/2022). Menariknya dalam kegiatan Diklatsar kali ini diikuti oleh empat kepala desa.

Sekadar diketahui, PKD merupakan gerbang awal kaderisasi bagi untuk menjadi anggota Ansor. Sedangkan untuk Diklatsar merupakan pintu awal secara formal untuk menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Baik PKD maupun Diklatsar dibuka pada Sabtu (14/5/2022) di Balai Desa Jamus, Kecamatan Mranggen. Setelahnya, untuk rangkaian PKD berlangsung di Kompleks Yayasan Al-Kautsariyah Jamus dan Diklatsar tetap di Balai Desa Jamus.

 “Untuk Diklatsar pada Sabtu malam pindah ke Kompleks Yayasan Al-Hamidiyah Wringinjajar. Peserta calon anggota Banser nanti long march jalan kaki,” ujar Ketua Panitia PKD dan Diklatsar, Khoirullah.

Dalam pembukaan tersebut dihadiri oleh Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Mranggen yang juga Wakil Bupati Demak, KH Ali  Mahsun. Selain itu hadir juga Ketua Tanfidziyah, KH Jafar Shodiq.

Dalam sambutannya, KH Ali Mahsun menegaskan bahwa dalam menajalankan roda organisasi sudah selayaknya menjaga kesolidan antaranggota. Begitu juga ketika menghadapi batu sandungan, sudah sepatutnya setiap anggota mengomunikasikan dengan pimpinan pada masing-masing tingkatan.

“Harus satu komando. Ketika ada persoalan harus (kosnultasi) ke pimpinan,” katanya.

Selanjutnya, KH Jafar Shodiq, mengatakan, bahwa dalam forum kaderisasi yang dilaksakan oleh PAC GP Ansor Mranggen kali ini sangat istimewa. Pasalnya, dalam pelaksanaan Diklatsar diikuti oleh empat kepala desa. Keempat kepala desa tersebut yakni Muntaha, Kepala Desa Banyumeneng; Abdullah Fatoni, Kepala Desa Kebonbatur; Akib Musadad, Kepala Desa Brumbung; dan Kepala Desa Ngemplak.

Untuk jumlah peserta PKD saat ini sebanyak 40 orang, dan peserta Diklatsar sebanyak 58 orang.

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Demak, Nurul Muttaqin, mengatakan, bahwa dalam menjalankan amanat organisasi baik kader Ansor maupun Banser harus mengabdi pada organisasi. Apalagi GP Ansor merupakan organisasi yang mendapat restu dari para ulama. Selain itu juga Khidmat kepada masyarakat. Dalam hal dan kondisi apa pun, Ansor dan Banser juga harus hadir.

Terakhir, Ketua PAC GP Ansor Mranggen, Ahmad Watsiq, mengcapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta menyukseskan PKD dan Diklatsar kali ini. Baginya, sumbangan baik  ide maupun materi dari berbagai pihak demi lancarnya kegiatan kali ini adalah sebuah anugerah tiada terperi bagi Ansor Mranggen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini